Wujudkan Kabupaten Ramah Anak, Harus Jamin dan Lindungi Hak Anak.

Tubabaqu : Panaragan – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), berupaya untuk melindungi Hak nak. Hal itu diwujudkan dengan mendirikan Sekolah Ranah Anak.

Disamping itu, melalaui Musyawarah Perencanaan Pembangunan -Musrenbang- dari Tingkat Tiuh, Kecamatan dan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Dinas PPPA juga menyampaikan aspirasi anak, apa yang mereka butuhkan dan aspirasi itu ditampung oleh Forum Anak Daerah.

“ Jadi kita sudah berenbug di tingkat Kabupaten, Kecamatan bahkan di tingkat Tiuh pun kita sudah punyaforum anak. Jadi anak anak itu kita jadikan sebagai motifator sehingga kita yang dewasa dapat belajar dari mereka bahwa kekerasan terhadap anak dapat segera tertangani” Jelas Pekerja Sosiak Muda Dinas PPPA Tubaba – Monika Dian Pratiwi pada Dialog Interaktiuf Tubabaqu (Dialektika), di Tubabaqu Streaming Radio Dinas Komunikkasi dan Informatika, Selasa (31/01/23).

Menurut Monika point penting dalam Menjadikan Tubaba Kabupaten Ramah Anak adalah harus menjamin dan melindungi hak anak dan hal itu akan terwujud jika semua pihak terkait punya kepediulian terhadap anak.

“NAmun demikian kami (Dinas PPPA:red) sebagai leading sector tetap merangkul Lembaga yang berkonsentrasi terhadap perlindungan anak seperti Komnas PErlindungan Anak, LPAI, PEngadilan Anak dan Kementrian Agama”rincinya.

Dialog Interaktif Dialektika Tubabaqu Radio Streaming yang mengusung Topik Langkah Preventif dan Kolaboratif Perlindungan Anak yabg dipandu Presenter Novia Ardiyanti juga menghadirkan Pekerja Sosial Muda Nuning Ika Daniati yang menjelaskan untuk korban kekerasan anak dan Perempuan , Dinas PPPA Tubaba mempunyai Unit Pelaksana Tehnis Daerah (UPTD) PPA, yang dilengkapi dengan tim tehnis seperti pendamping hukum dan petugas luar jangkauan yang akan mendampingi korban kakekerasan.

“ Misalnya jika maenemukan korban kekerasan , kami berkoordinasi dengan Polres Tubaba untuk menindak pelaku kemudian dilakukan visum et repertum bekerjasana dengan Rumah Sakit yang telah bekerjasam dengan Dins PPPA Tubaba”Tutup dia (@Ng).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *