Kesiapan Mencapai 90%, Mal Pelayanan Publik (MPP) Tubaba, November Siap Operasional. 

TubabaQu.id : Panaragan Jaya – Asisten Deputi Standarisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif Kementerian PANRB Noviana  Andrina, S.H., MAP didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) A. Hariyanto meninjau kesiapan Mal Pelayanan Publik (MPP) Tulang Bawang Barat (Tubaba) di Uluan Nughik Panaragan Jaya, Rabu (27/9/2023). 

Asisten Deputi Standarisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif Kementerian PANRB Noviana  Andrina, S.H., MAP (Batik kuning hitam) didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) A. Hariyanto meninjau kesiapan Mal Pelayanan Publik (MPP) Tulang Bawang Barat (Tubaba) di Uluan Nughik Panaragan Jaya, Rabu (27/9/2023). 

Menurut Noviana, dari hasil pantauanya progres MPP Tubaba sudah mencapai 90% dan perangkat IT  harus dipercepat karena akan beroperasi pada bulan November mendatang. 

“Sudah 90%,  namun yang harus didorong adalah perangkat Sistem Informasi jenis layanan dan instansi penyedia layanan serta standart pelayanan yang ada di MPP yang bisa diakses publik dengan mudah.” jelas Noviana. 

Suara Noviana  Andrina

Yang tidak kalah penting, terus dia, adalah digitalisasi di Tubaba yang sudah diterapkan hingga ke Tiyuh, termasuk jaringan Fiber Optic  dan sudah memenuhi standart Smart City. 

Noviana Andrina, juga menyampaikan, system MPP Tubaba mengadopsi MPP Banyuwangi yang menjadi roll model MPP di Indonesia. 

” Untuk mendukung Sistem MPP digital Kemen PAN RB menggandeng P.T Telkom dengan system swadaya murni dan diterapkan di MPP Kabupaten/Kota.” harap Noviana. 

Sementara ditempat yang sama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) A. Hariyanto  mengemukakan, MPP Tubaba rencananya akan di lounching pada November 2023, dan saat ini sedang dipersiapkan sistem layanan, seperti aplikasi digital dan sarana/prasarana.

Suara A. Hariyanto

“Kita telah menyiapkan baik tehnis, seperti sistem layanan berbasis IT maupun sarana dan prasarana, karena sebelum di lounching, dilakukan uji coba. Uji coba tersebut tetkait dengan SDM, peralatan dan sistemnya termasuk perbaikan layanan dan mengukur sejauh mana minat masyarakat memanfaatkan MPP. ” terang A. Hariyanto yang juga Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tubaba. 

Menurutnya, secara fisik, design Gedung  MPP Tubaba dibuat agar menciptakan suasana yang nyaman bagi pemohon perijinan atau mengutamakan Houspitality. 

“Masyarakat yang datang di MPP ini memang kita tata  agar nyaman, aman dan tertib. Meski bangunan bagus, namun juga harus diimbangi dengan penataan  lingkungan MPP, baik pelayanannya dan kesiapan SDM nya. Jika tidak akan menjadi sia sia” katanya menjelaskan. 

Sedangkan untuk system informasinya, DPMPTSP Tubaba menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Kominfo setempat, untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh layanan di MPP. (**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *