Inflasi Minggu ke 4 Januari, 5 Provinsi Perlu Mendapat Atensi. 

TubabaQu.id : Panaragan – Penjabat Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M.Firsada, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 secara Virtual, bersama Mendagri, Badan Pusat Statistik (BPS) , Badan Pangan Nasional (Bapanas) serta institusi terkait, dari Aula Rumah Dinas Bupati. Senin (29/01/2024).

Dalam pengantarnya, Mendagri M. Tito Karnavian mengatakan, inflasi bulan ke bulan (month to month) November – Desember 2023, secara nasional  tercatat 0,41 %. 

“Pemicu Tingkat inflasi dibulan Desember, dipengaruhi oleh 10 daerah yang mengalami inflasi cukup tinggi, seperti Maluku Utara, Lampung, Gorontalo, Kaltim, Jambi, Sumsel, Yogyakarta, Bengkulu, Banten dan NTB” rinci Tito. 

Sedangkan 10 terendah, lanjut Tito Karnavian, yakni, Aceh, Papua, Kalimantan Barat, Sumatra Utara, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, NTT, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara. 

Mendagri Tito Karnavian juga mengatakan, jika melihat inflasi di Minggu ke 4 Januari 2024, berdasarkan data dari BPS,  5 Provinsi perlu mendapat atensi. 

” Yang perlu mendapat atensi di minggu ke 4 ini adalah Kalimantan Selatan diangka 0,54%, Papua 0,50%, DKI Jakarta 0,30%, Papua Tengah 0,29%, NTT 0,28% dan yang masih positif, ada di DIY, Papua Pegunungan, Papua Barat serta Papua Barat Daya.” terang Tito lagi.

Ada 80 Kab. /Kota IHK Alami Inflasi. 

Sementara di tempat yang sama, Deputy Bidang Statistik  Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Puji Ismartini dalam penjelasannya menyatakan, historis perkembangan inflasi selama tiga tahun terakhir, dari Januari 2020 s/d Januari 2023, setiap tahun dibulan Januari cenderung mengalami inflasi. 

Untuk Kabupaten/Kota yang mengalami inflasi pada bulan Januari, jika dilihat dari Indeks Harga Konsumen (IHK) 90 Kabupaten/Kota pada Januari 2023 terdapat 80 Kabupaten/Kota IHK yang mengalami inflasi. 

“Selanjutnya kita lihat berdasarkan intensitasnya, komoditas harga bergejolak lebih banyak mengalami inflasi disepanjang 4 tahun terakhir. Seperti komoditi ikan segar dan minyak goreng mengalami inflasi setiap tahunnya di bulan Januari. ” katanya menjelaskan. 

Sementara Indeks Perkembangan Harga (IPH) di minggu ke 4 Januari 2024, secara nasional, jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan IPH, mengalami penurunan jika dibandingkan dengan minggu sebelumnya. 

“Jumlah kabupaten/kota yang mengalami penurunan IPH pada minggu ke 4 Januari ini lebih banyak jika dibandingkan minggu sebelumnya. Sementara yang mengalami kenaikan hanya 68 Kabupaten/Kota.” ujar Puji Ismartini. 

Diketahui, Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024, diikuti pula oleh penjabat Gubernur, Bupati dan Walikota se Indonesia  secara Virtual. (**). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *