Di Tulang Bawang Barat ada 617 pengguna frekuensi, baik wireless maupun radio siaran.

TubabaQu.id : Panaragan – Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (Balmon SFR) kelas II Lampung, Enik Sarjumanah mengatakan, Balmon SFR  kelas 2 Lampung dalam menjalankan tugasnya seperti monitoring, inspeksi dan  sosialisasi diperkuat oleh 38  Sumber Daya Manusia (SDM) terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) &  tenaga outsourcing.

“Merekalah (38 SDM) yang menjadi sporting system di kami Balmon Kelas dua Lampung, seperti satpam, cleaning service kemudian ada tenaga administrasi, tapi khusus untuk pelaksanaan monitoring di lapangan adalah ASN yaitu pengendali frekuensi radio, ada 8 orang.” demikian dikatakan Enik Sarjumanah, pada dialog di Radio Streaming TubabaQu Dinas Kominfo, Selasa (5/9/2023) , di Panaragan Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Disamping itu, lanjut dia, Balmon SFR dengan 8 petugas pengendali frequensi mampu mendukung  monitoring wilayah kerja Balmon Lampung  untuk 15 kabupaten/kota di provinsi Lampung.

Sementara narasumber lain, Tim Kerja penertiban Frequensi Radio Budi Ramdani menjelaskan, meskipun diera multi platform ini, banyak siaran radio yang tidak menggunakan frequensi, namun  di platform digital, tapi masih tetap dalam pengawasan Balmon.

Menurut Budi, alat komunikasi sekarang sudah bermigrasi dari kabel  ke  frekuensi dengan menggunakan tehnologi Wireless.

” Wireless adalah jaringan yang menghubungkan telekomunikasi perangkat satu dengan yang lainnya tanpa menggunakan media kabel sebagai media penghantarnya” terang Budi Ramdani.

Sementara terkait izin Frekuensi di Tulang Bawang Barat, Budi menjelaskan, berdasarkan database di Balmon, per Mei 2023, ada 617 pengguna frekuensi baik wireless maupun radio siaran.

“Untuk Tulang Bawang Barat ada 617 pengguna frekuensi 599 diantaranya penggunaan jaringan seluler dan sisanya untuk Instansi Pemerintah, profesi, siaran radio dan satu lagi point to point private.”  katanya lagi.

Sedangkan untuk Frekuensi siaran radio, di Tubaba ada tiga stasiun radio, yakni Hit Radio Pulung Kencana,di Frekuensi 100 MHz, Maskara Jelita di  Daya Murni, di 106,7 MHz dan Radio Fajar Tubaba. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *