Hari Pahlawan, Teladan  Bagi Masa Depan. 

 

TubabaQu.id : Panaragan – TubabaQu streaming radio Dinas Kominfo Tulang Bawang Barat, memperingati Hari Pahlawan, Kamis (9/11/3023) melalui program Dialog Khusus TubabaQu “Dialektika” menyiarkan Dialog Hari Pahlawan, Teladan  Bagi Masa Depan. 

Dialog yang dipandu presenter Celine Dini Amrina menghadirkan narasumber Sekretaris Bakesbangpol Tubaba Mubaraq Daud, SH. MH dan Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Tubaba-Tuba-Mesuji Sudiyanto Adi. 

Pada dialog tersebut Mubaraq Daud menjelaskan mengenai semangat kepahlawanan yang akan membentuk sikap persatuan dan kesatuan, sejatinya, pahlawan adalah orang yang berguna bagi orang banyak. 

Untuk meningkatkan semangat kepahlawanan di kalangan pemuda, lanjutnya, dapat dilakukan dengan belajar sejarah, temu tokoh, berperilaku positif dan berguna bagi orang banyak. 

“Hal ini dapat kita rasakan jika kita mengetahui kisah sejarah perjuangan bangsa Indonesia serta tokoh yang berperan didalamnya, sehingga dapat meningkatkan rasa cinta tanah air.” tandas dia. 

Sebagai generasi penerus bangsa tentunya kita harus dapat mewarisi harapan para pahlawan kita dengan mengisi kemerdekaan. 

“Yang dapat kita warisi antara lain adalah semangat Nasionalisme dan Patriotisme yang tinggi. Saat  ini sangat sedikit dari putra putri generasi bangsa yang memiliki semangat nasionalisme, bahkan rasa bangga menjadi bangsa Indonesia sudah memudar.” aku Mubaraq. 

Sementara Sudiyanto Adi berpendapat, bahwa semangat Persatuan dan Kesatuan. Kalau dilihat saat ini  rasa persatuan dan kesatuan sudah mulai terkikis. 

“Begitu juga adanya gesekan di masyarakat seperti perkelahian pelajar maupun tawuran antar kampung sering sekali terjadi. Untuk itu, meningkatkan solidaritas dan integritas bangsa harus dilakukan.” ujar Sudiyanto. 

Menurutnya, generasi bangsa ini tidak boleh terpecah belah oleh kepentingan kelompok-kelompok tertentu. Sebagai bangsa yang besar dan berideologi pancasila, kita harus bersatu dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Untuk diketahui, Tema  hari Pahlawan tahun ini “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”, mengandung arti mengajak kita untuk merenungkan peran pahlawan-pahlawan, dalam memandu kita menuju masa depan yang lebih baik. (**). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *