Hanita F. Firsada : “Usia dini adalah masa keemasan dalam tumbuh kembang anak”

TubabaQu.id – Tirta Makmur – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulang Bawang Barat menggelar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD), mengangkat tema implementasi transisi PAUD – SD yang menyenangkan melalui pemahaman tumbuh kembang anak.

Kegiatan tersebut bertempat di wisma asri Tirta Makmur Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), senin (21/08/2023).

(suara Budiman Jaya)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tubaba Budiman Jaya,S.STP.,MT.IP dalam laporannya  menyampaikan, bahwa usia anak sejak lahir sampai dengan delapan tahun merupakan usia yang sangat penting dalam mengembangkan kemampuan anak.

“Gerakan ini bertujuan untuk melindungi hak anak sejak dini agar bisa tumbuh, berkembang dan berproses serta dihargai baik dilingkungan sekolah maupun dirumah.” terang dia.

Gebyar PAUD ini, lanjut Budiman Jaya, diikuti 150 peserta, terdiri dari 68 guru PAUD Kecamatan Tulang Bawang Tengah, 46 Guru PAUD Kecamatan Tumi Jajar dan 36 Guru PAUD Kecamatan Tulang Bawang Udik.

Foto : Eko EY – Kominfo

Sementara diforum yang sama Penjabat Bunda Paud Kabupaten Tulang Bawang Barat  Dra. Hanita Farial F, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, usia dini adalah masa keemasan dalam tumbuh kembang anak, namun  fenomena yang berkembang  masyarakat ada miskonsepsi tentang PAUD khususnya yang berkaitan dengan kemampuan baca, tulis dan hitung (Calistung).

“Bahkan masih banyak guru atau orang tua yang beranggapan bahwa Calistung penentu utama keberhasilan anak dalam belajar.” tegas dia.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA) Provinsi Lampung ini menambahkan, menjadikan anak yang berkualitas, sudah barang tentu bukan hal yang mudah, banyak hal yang harus di pahami dan di mengerti salah satunya adalah mengenai faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak.

“Yang terpenting, tumbuh kembang anak tidak ada pemaksakan kehendak pada anak, namun  bagaimana kita bisa mendidik anak dengan belajar yang menyenangkan.” katanya menerangkan.

Dari pantauan tubabaQu.id nampak hadir Ketua Asosiasi Pendidik Berperspektif Hal Anak Indonesia Bekti Prastiyani, Ketua Pokja Bunda Paud beserta Bunda Paud Kec Tumijajar, TBT, dan TBU.(gun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *