Hari Bhakti Adhyaksa 63, Kejari Tubaba gelar Seminar Ilmiah.

TubabaQu : Tulang Bawang Tengah – Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs.M. Firsada, M. Si menghadiri Seminar Ilmiah Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 “Peran serta Masyarakat dan Media Dalam Pengajian Hukum Yang Tegas dan Humanis” di Sesaat Agung Bumi Gayo, kompleks Islamic Centre, Panaragan, Tubaba, Kamis (13/7/2023).

Dalam sambutannya, M. Firsada mengapresiasi digelarnya Seminar Iillmiah ini dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke 63, dengan tema peran serta masyarakat dan media dalam penegakan hukum yang tegas dan Humanis.

PJ. Bupati Tulang Bawang Barat Drs. M. Firsada, M. Si menyampaikan sambutan pada pembukaan Seminar Ilmiah Hari Bhakti Adhyaksa ke 63, Kamis (7/7/2023).

” Hal ini sangat selaras dengan simbolisasi dari pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang Barat” katanya.

Menurut Penjabub, keberadaan Kejaksaan Negeri Tulang Bawang Barat menjadi sarana dalam upaya menegakkan hukum yang berkeadilan di seluruh lapisan masyarakat.

Tentu saja, dalam melaksanakan tugasnya Kejari Tubaba perlu didukung segenap unsur dan pemangku kepentingan yang ada tanpa terkecuali.

“Untuk itu sangat dibutuhkan proses pemahaman tentang bagaimana cara kita dapat turut berkontribusi dalam upaya penegakan hukum yang tegas dan Humanis di bumi ragom sai mangi wawai ini.” tegasnya lagi.

Kajari Tulang Bawang Barat Sri Haryanto, SH, MH menyampaikan sambutan pada pembukaan Seminar Ilmiah Hari Bhakti Adhyaksa ke 63, Kamis (7/7/2023).

Sementara ditempat yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Tulang Bawang Barat, Sri Haryanto, SH. MH, mengatakan, tanggal 22 Juli diperingati sebagai Hari Bhakti Adhyaksa ke 63, sebuah momentum berdirinya korps Adhyaksa pada tahun 1960, menjadi tonggak sejarah bagi bangsa dan negara dalam penguatan dan penegakan supremasi hukum.

Dalam perkembangan dan dinamikanya, Kejaksaan republik Indonesia dibentuk berdasarkan undang-undang nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan republik indonesia, sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 11 tahun 2021.

“Bahwa Kejaksaan republik Indonesia termasuk salah satu badan yang fungsinya berkaitan dengan kekuasaan kehakiman.”terang Kajari.

Lembaga Kejaksaan, terus Sri Haryanto, secara berjenjang, dari Kejaksaan Agung, Kejaksaan tinggi hingga kejaksaan negeri, merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak terpisahkan.

“Dalam melaksanakan kekuasaan negara terutama di bidang penuntutan serta kewenangan lain, berdasarkan tugas dan fungsinya harus bebas dari pengaruh kekuasaan pihak manapun.” Sri Haryanto menambahkan.

Seminar Ilmiah Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 “Peran serta Masyarakat dan Media Dalam Pengajian Hukum Yang Tegas dan Humanis” yang di moderatori Kasi Pidsus Kejari Tubaba Rizky Fany Ardiansyah, menampilkan pembicara dosen Fakultas Hukum Unila Dr. Budiono, SH. M.hum, Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Adirebi, SH. MH Serta Kasi Pengelolaan Barang Rampasan Barang Bukti dan Benda Sitaan Kejari Tubaba (PBRB3S) Gatra Yudha Pramana, SH.MH.

Selain itu, HBA 63 juga diwarnai dengan perlombaan dan pertandingan olahraga yang diikuti anggota Fokorpimda Tubaba dan ASN dilingkungan Pemkab Tubaba seperti lomba mancing, permainan tradisional Gobaksodor, pertandingan Tenis lapangan, Tenis meja dan sebagai puncak acara Fun Bike pada Minggu (10/7/2023)(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *