Tiyuh Calak sebagai pondasi pelayanan elektronik Di Tuba.

TubabaQu.id : Panaragan – Dinas Komunikasi dan Informatika, menggelar acara DIALEKTIKA “Dialog Interaktif Tubabaqu” dengan menghadirkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh Sofiyan Nur,S.Sos.,M.IP
berlangsung di Studio TubabaQu streaming Radio,  Dinas Kominfo setempat, Kamis, (16/2/2023).

Melalui Program Tiyuh Calak Tubaba, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat membangun tiga  3 pilar, diantaranya
membangun sistem layanan administrasi pemerintahan Tiyuh berbasis digital,  terintegrasi mulai dari tingkat Tiyuh kecamatan terintegrasi sampai ke Kabupaten bahkan ke provinsi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh Sofiyan Nur,S.Sos.,M.IP mengatakan,
hal ini sekaligus untuk mendukung program satu data nasional yang disebut Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“SPBE ini dalam rangka mewujudkan Indonesia satu data yang kita mulai dari Tubaba.  Kita akan membangun satu data terdu,  integrasi mulai dari Tiyuh,  terintegrasi di kecamatan sampai kekabupaten, sehingga masyarakat yang memerlukan data yang ada diTiyuh akan didapat dengan mudah.” Kata Sofyan Nur menjelaskan.

Sofiyan Nur, juga mengatakan, dari 100 Tiyuh yang ada di Tubaba ada 93 Tiyuh yang sudah melaksanakan program “Tiyuh Calak” sementara 7 Tiyuh yang baru masih dalam proses pada tahun 2023.

“Tiyuh Calak, atau Tiyuh pintar dan sering juga disebut Desa Pintar atau Smart Village, dari 100 Tiyuh yang ada 93 Tiyuh Calak dan 7 Tiyuh masih on proses.” Terang Sofyan Nur tanpa menyebut Tiyuh mana saja yang belum menjadi Tiyuh Calak

Sofyan Nur juga mengatakan,  93 Tiyuh Calak kini  sudah terintegrasi dengan 9 Kecamatan dan sudah “terintegrasi” dengan kabupaten.

“Artinya,  ke 93 Tiyuh Calak tersebut sudah terintegrasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh” terangnya lagi.

Diakhir dialog,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh Sofiyan Nur,S.Sos.,M.IP kemudian mengajak kepada Masyarakat Tubaba untuk secara bersama-sama membantu Pemerintah Tiyuh untuk mewujudkan “Tiyuh Calak” yang calak Administratif Pemerintahan, Calak secara Ekonomi, dan Calak dalam banyak hal.

“Saya mengimbau kepada masyarakat Tulang Bawang Barat untuk mendukung pemerintahan Tiyuh, agar bisa Calak Administrasi, Ekonomi dan Calak dalam banyak hal” tutup dia.(aggn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *