Kepala BPS Tubaba, Sartika Yuliani membuka FGD Standar Pelayanan Publik tahun 2025

tubabaqu.id – Dalam kegiatan Focus Group Discussion ( FGD) Pelayanan Publik Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Kepala Badan Pusat Statistik, Sartika Yuliani Siregar membuka acara Sosialisasi Standar Pelayanan Publik BPS Kabupaten Tubaba Tahun 2025, di Aula BPS Kabupaten Tubaba. Kamis, (15/05/2024).

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa pelayanan publik harus terus beradaptasi dan selalu berkembang.

“Dari penilaian kepuasan indeks konsumen dan indeks anti korupsi kabupaten Tubaba terus mengalami peningkatan. Capaian ini menjadi bukti nyata bahwa pelayanan yang kami hadirkan semakin relevan dan diterima oleh masyarakat sekaligus menjadi motivasi untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas data pelayanan terbaik,” pungkasnya.

Ia menambahkan peningkatan kualitas pelayanan tidak terlepas dari pemantauan dan evaluasi kinerja.

“Dalam proses memberikan layanan kepada pengguna data, masyarakat, stakeholder ada proses namanya pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik,” ucapnya.

Evaluasi ini merupakan bagian upaya BPS untuk menyesuaikan diri sesuai dengan UUD No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yang menegaskan pentingnya pelayanan publik dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan diselenggarakan dengan prinsip tata kelola yang baik.

“Dalam pelaksanaannya Pemantauan dan Evaluasi kinerja penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) mencakup 6 aspek utama diantaranya; kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi,” jelasnya.

Disamping itu, Abidzar Al-Ghifari sebagai Fungsional statistisi ahli pertama menambahkan bahwa setiap BPS baik pusat, provinsi, kabupaten ataupun kota mendirikan Pelayanan Statistik Terpadu (PST) ditetapkan pada peraturan UU tentang BPS No 25 tahun 2004 dipadatkan menjadi 3 unsur pelayanan utama diantaranya layanan konsultasi statistik, layanan perpustakaan, dan rekomendasi kegiatan statistik. Hal ini menjadi layanan PST di BPS kabupaten/kota.

“Konsultasi data statistik bisa dilakukan secara offline dengan datang langsung ke PST atau bisa juga secara online melalui website tubabakab.bps.go.id,” tambahnya.

Sartika berharap bahwa adanya keterkaitan semua pihak, baik penyelenggara maupun partisipasi, kepercayaan dan dukungan dari masyarakat, stakholder, ormas, media dan akademisi untuk menciptakan pelayanan publik yang berkualitas serta mampu menjadi pelayanan Responsif, inklusif, dan profesional dalam penyelenggaraan pelayanan BPS.

Turut hadir Dinas Terkait, Wakil Politeknik Tunas Garuda Tubaba, Ketua BPC Hipmi Tubaba, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Kabupaten Tubaba, dan Media Inisiator.

Rilis By Ananda Ericka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *