Arinal Djunaidi, Doktor HC pertama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila.

Bandarlampung, TubabaQu.Id – Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada, M.Si menghadiri Sidang Promosi Doctor Honoris Causa (HC) Universitas Lampung  kepada Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, Kamis (26/10/2023). 

Pj. Bupati Tubaba M. Firsada (no 4 dari kiri) menghadiri Sidang Promosi Doctor Honoris Causa (HC) Universitas Lampung. (Foto : Arie Wahyudi-kominfo).

Sidang Promosi Doctor HC Ir. Arinal Djunaidi setelah dibuka Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani,  diawali dengan pembacaan Biodata Promovendus oleh Promotor Proff. DR. Satria Bangsawan, SE. M.Si untuk memperkenalkan Promovendus Ir. Arinal Djunaidi. 

Foto : Arie Wahyudi-kominfo

Dalam promosi tersebut, Proff. Satria Bangsawan, antara lain membacakan riwayat pendidikan Gubernur Arinal Djunaidi, dari Tingkat Sekolah Dasar hingga meraih sarjana pertanian di Unila pada 1981 serta riwayat pekerjaan Arinal Djunaidi dalam karirnya di Pemerintahan hingga menjadi Gubernur Lampung. 

Sementara ditempat yang sama Gubernur Arinal Djunaidi dalam presentasinya menyatakan, jika mau membangun Lampung harus dimulai dari ekonomi kerakyatan,  dengan prioritas mengembangkan Electronic – Kartu Petani Berjaya (E-KPB). 

Suara Arinal Djunaidi

“Membangun Lampung harus dimulai dari ekonomi kerakyatan yang saya prioritaskan dengan mengembangkan kartu petani berjaya, yang merupakan program sederhana, mudah dilakukan namun di sinergikan dengan program lain, peternakan, perikanan, tanaman pangan dan perkebunan.” terang Arinal Djunaidi. 

Dalam pada itu, Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, setelah mendengarkan presentasi Arinal Junaidi dengan judul “Program Kartu Petani Berjaya Dalam Membangun Ekonomi Masyarakat Berbasis Pertanian di Provinsi Lampung” menyatakan layak dan lulus. 

“Maka dengan ini komisi promosi Doktor Universitas Lampung menyatakan layak dan lulus  kepada saudara Arinal Junaedi untuk menyandang gelar Doktor Honoris causa dibidang Ilmu Ekonomi.” ujar Rektor. 

Suara Rektor Unila

Dengan demikian, lanjut Proff Lusmeilia Afriani, Universitas Lampung untuk pertama kalinya menghasilkan gelar Doktor Honoris Causa dari program Doktor ilmu ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Untuk diketahui, pemberian gelar Doktor HC ini sudah melalui berbagai pertimbangan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pemberian gelar kehormatan hanya untuk seseorang yang punya jasa atau karya yang luar biasa di berbagai bidang.

Arinal Djunaedi diberikan gelar Doktor HC karena dinilai mampu meningkatkan ekonomi Lampung melalui program kartu petani berjaya (KPB). 

Program unggulan Gubernur ini telah berhasil mendorong para petani lebih sejahtera.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *