Pemkab Tubaba akan Rekrut Tenaga Non ASN Yang ada di OPD, untuk dilibatkan diprogram SPBE. 

TubabaQu.id : Panaragan – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) Dra. Bayana, M.Si., memimpin rapat koordinasi (Rakor) peningkatan Kompetensi tenaga kerja Non ASN dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat, di Aula Lantai III Pemda setempat, Selasa (12/9/2023). 

Rakor peningkatan Kompetensi tenaga kerja Non ASN ini dimaksudkan untuk memberdayakan  tenaga non ASN sebagai  administrasi pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik  (SPBE) di Pemkab Tubaba. 

Suara Bayana

Dalam arahannya Bayana mengatakan, pemkab Tubaba dihadapkan pada kondisi mendesak terkait dengan program Nasional SPBE, yang harus diterapkan di pemerintah pusat hingga daerah. 

Namun terkendala dengan SDM yang dimiliki, oleh karenanya, untuk mengatasi kendala tersebut, pihaknya akan memberdayakan tenaga kerja non ASN yang ada. 

“Meskipun demikian, kita sudah memulainya, namun terkendala masalah SDM, dengan terbatasnya ASN di Tubaba kami ingin memberdayakan tnaga non ASN, untuk menjadi bagian dari program SPBE Tubaba. ” kata Bayana menjelaskan. 

Menurut Bayana, bagi non ASN yang tidak ada tugas khusus di Organisasi Perangkat Daerah -OPD- nya, akan di rekrut dan akan diberikan pelatihan. 

“Namun paling tidak bisa mengoperasikan komputer, akan lebih baik jika memang memiliki keahlian dibidang tehnologi informasi. ” lanjut Bayana. 

Senada  dengan  Bayana, ditempat yang sama Kepala Inspektorat Tubaba Prana Putra, SH mengatakan, maksud dikumpulkannya tenaga non ASN ini, adalah pemkab Tubaba ingin memberdayakan mereka terlebih mereka yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi, namun tidak diberdayakan. 

Tenaga Non ASN Pemkab Tubaba menerima penjelasan seputar peningkatan Kompetensi tenaga kerja Non ASN.

“Kebetulan kita memiliki program SPBE, karena keterbatasan SDM yang ada saat ini, Bapak/Ibu sekalian akan direkrut untuk dapat melaksanakan tugas ini (mengelola SPBE: red). Namun, tidak berlaku bagi Driver (Supir) dan penjaga malam” rinci Prana Putra. 

Prana putra juga menjelaskan, rekruitmen tersebut, tidak hanya yang sekarang dikumpulkan, namun tidak menutup kemungkinan  juga bagi anggota Sat Pol PP dan tenaga non ASN yang ada di OPD yang memiliki kompetensi namun tidak diberdayakan. 

Suara Kepala Inspektorat Prana Putra

Seperti diketahui, SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. (nggun). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *