Hadiri, Serah Terima Estafet Kirab Pemilu 2024, M. Firsada Minta Sinergitas Pemangku Kepentingan.

TubabaQu.id : Panaragan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menerima estafet Kirab Pemilu 2024  dari provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 17 Juli 2023 dan  diserahkan kepada KPU Mesuji, yang selanjutnya hari ini (Senin, 24 Juli 2023) diestafetkan kepada KPU Tubaba.

Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada dalam sambutannya mengatakan, betapa pentingnya komitmen kita bersama untuk memastikan terlaksananya Pemilu yang sukses, aman dan damai.

Karena, lanjut M. Firsada, ini bukan hanya tugas dari penyelenggara dan aparat penegak hukum semata, akan tetapi menjadi tugas konstitusional kita bersama, dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat, lebih-lebih parpol peserta Pemilu.

“Oleh karenanya, saya memandang perlu sinergitas antara seluruh pemangku kepentingan, untuk dapat menjaga kondusifitas wilayah, menjaga ketenangan dan ketentraman, merawat persatuan nasional dalam kebhinekaan, serta kebebasan dalam melaksanakan hak politik setiap warga negara.” kata M. Firsada menjelaskan.

Sinergitas tersebut, lanjut Penjabub Tubaba yang juga Kaban Kesbangpol Lampung ini, agar kelak Pemilu tahun 2024 ini menjadi sumber utama dalam menjaga 4 pilar kebangsaan dalam mekanisme demokratis yang sehat, jujur dan adil yang tentunya memberikan pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat kita.

Terima dari 2 Titik Kirab

Sementara sebelumnya Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Provinsi Lampung Ali Sidik menyatakan, kirab Pemilu 2024 ini adalah agenda Nasional, yang dicanangkan oleh KPU RI dan dikirab sejak tiga bulan yang lalu, diawali secara serentak di 7 (tujuh) titik di tujuh Provinsi di Indonesia.

“Dari 7 titik kirab tersebut, Lampung  menerima dari titik area Sumatera, yakni dari Provinsi Kepri, dan hari ini akan diserah terimakan dari KPU Kabupaten Mesuji kepada KPU Tubaba. Sebelumnya, pekan lalu diserahkan terimakan dari KPU Sumatra Selatan Kepada KPU Provinsi Lampung” terang Ali Sidik.

Setelah dari KPU Tubaba, nanti akan diestafetkan kepada 6 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, yang kemudian akan diserahkan kepada KPU Banten oleh KPU Lampung Selatan.

Ali Sidik juga menjelaskan selain dari Titik Wilayah Kepri, KPU Lampung juga akan menerima estafet kirab pemilu 2024 dari rute Provinsi Nangro Aceh Darusalam (NAD), yang akan diterima dari Provinsi Bengkulu di Kabupaten Pesisir Barat.

“Selanjutnya, akan diestafetkan kepada KPU Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran dan Bandarlampung, kemudian diserahkan ke KPU Banten melalui KPU Lampung Selatan.” rincinya.

Dari pantauan tubabaQu.id, kirab dimulai dari halaman Islamic Center Panaragan, menuju  Tugu Rato Nago Besanding, belok ke kiri, ke arah GOR ZA Pagaralam Kagungan Ratu, Pasar Pulung dan kembali ke Islamic Center.

Hadir dan mengikuti kirab pada kegiatan ini, 18 Parta Politik peserta Pemilu yang ada di Tubaba dengan kendaraan hias lengkap dengan bendera parpol. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *