Peduli Korban Gempa Turki, BNPB Berangkatkan Tim Middle Urban Search and Rescue Team (MUSAR).

TubabaQu.id : Jakarta – Gempa bumi dengan magnitudo 7,7 SR mengguncang wilayah Turkiye dan Suriah, pada Senin (6/2/2023), pukul 04.17 dini hari waktu setempat. Pusat gempa berada 26 km selatan Nurdagi, Turkiye dan berdampak sangat besar.

Dikutip dari akun YouTube BNPB RI,  Berdasarkan data yang disampaikan oleh situs kebencanaan Pemerintah Turki (AFAD) 10 Feb 2023, korban jiwa dalam bencana tersebut mencapai 17.134 orang meninggal dunia dan 70.347 korban luka-luka dan ribuan bangunan rusak.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo langsung memberikan arahan kepada para Menteri dan Pimpinan lembaga untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada pemerintah Turkiye dan Suriah.

Terpisah, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto Sabtu (11/2/2023), mendampingi Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Pertahanan, Menteri Kesehatan, Panglima TNI, Asops Kapolri dan Kepala Basarnas, melepas tim kemanusiaan dari pemerintah Indonesia menuju Turkiye.

Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin apel pelepasan tim kemanusiaan Indonesia mengatakan, tim tahap pertama  diberangkatkan Sabtu (11/2/2023) dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta.

“Menindaklanjuti perintah dari bapak presiden dalam kaitanya dengan pemberian bantuan kepada negara sahabat yaitu pemerintahan Turki yang sedang menghadapi cobaan berupa bencana gempa bumi,  maka pada hari ini telah kita berangkatkan bantuan tahap pertama yang akan disusul untuk tahap-tahap berikutnya.” terang Muhajir Effendi.

Bantuan tahap pertama, terus Muhajir Effendi,  yaitu Middle Urban Search and Rescue Team (MUSAR) 47 personil beserta peralatan lengkap didampingi 11 tim BNPB. “Total tim yang diberangkatkan 62 orang dan bantuan logistik sebanyak 5 ton dari Kementerian Pertahanan. Pemberangkatan Tim MUSAR menjadi prioritas mengingat pentingnya pencarian dan penyelamatan korban yang tertimbun reruntuhan bangunan selama masa kritis.” Rinciannya.

Untuk diketahui,  Tim MUSAR memiliki kemampuan untuk melakukan operasi pencarian, pertolongan dan penyelamatan korban terperangkap runtuhan bangunan dan pemberian perbantuan medis serta didukung dengan anjing pelacak dengan tipe SAR Dog dan K-9.(@Ng-bnpb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *