Pernyataan PP Muhammadiyah terkait Pemilu 2024 

TubabaQu.id : Yogyakarta – Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan pernyataan terkait pemilu  2024.

Dalam pernyataan pers yang ditandatangani oleh Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum Abdul Mu’ti, PP Muhammadiyah mengimbau masyarakat agar menjaga situasi kondusif dengan saling menghormati pascapemilu. 

“Pasca Pemilu 2024, kami mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas dengan saling menghormati hasil pemilu yang hingga saat ini masih dalam tahap penghitungan suara” demikian pernyataan PP Muhammadiyah, seperti ditulis media Indonesia.com

Dalam pernyataan persnya, PP Muhammadiyah juga menapresiasi terhadap partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dengan tanggung jawab di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Selain itu, PP Muhammadiyah juga memberi Penghargaan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu, aparat keamanan, dan pihak lain yang mendukung pelaksanaan pemilu dapat berjalan aman dan lancar. 

“Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara pemilu atas terselenggaranya pemilu dengan aman dan lancar” tulisnya dalam pernyataan pers PP Muhammadiyah 

Imbauan kepada semua pihak, terutama partai politik, calon legislatif, calon presiden-wakil presiden, dan pendukungnya, untuk bersabar menanti hasil resmi dari KPU, serta menahan diri dari membuat kesimpulan berdasarkan guick count. 

PP Muhammadiyah juga menyatakan Pentingnya menjaga situasi kondusif dengan saling menghormati dan bersikap tenggang rasa, baik bagi pemenang maupun yang kalah.

“Apabila ada sengketa hasil pemilu, hendaknya  diselenggarakan melalui Mahkamah Konstitusi, bukan dengan cara-cara yang berpotensi memicu kekerasan atau konflik horizontal.” tulis PP Muhammadiyah diakhir pernyataan persnya.(**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *